Gue mau cerita soal gue IPS di sekolah gue. Sumpah ini gue kesel banget ! Sekolah gue kan Sekolah Negeri ya, terus katanya sekolah gratis. Terus pasti gak semua orang di sekolah itu punya duit ( contoh nya gue ). Jadi gini tu guru Ips nyuruh nyari artikel tentang profile negara negara maju ( Jepang, Singapur, sama Thailand ). Gue udah berusaha jadi siswa baik, gue ngerjain itu tugas, gue browsing di internet. Gue ke warnet sampe malem DEMI TUGAS TU GURU!! Printer di rumah gue tintanya lagi gak ada. Ya udah tiga tugas itu gue print di sekolah. Dan di tempat foto copy depan sekolah gue cuman bisa ngprint item putih. Yodah gpp dah, gue juga gak punya uang banyak buat ngeprint warna kayak gitu ( gue emang gak sanggup buat ngeprint warna semua tugas itu, apa lagi sampe jilid. Gue kasian sama bonyok gue ). Eh tiba-tiba pas gue abis ngumpulin tugas Singapur gue, itu guru ngomong gini. “Bapak bisa tau mana yang cuman foto copy sama yang print out asli, pasti klo yang print out asli berwarna. Bapak bisa bedain itu. Bapak ngehargain banget orang nya print out nya berwarna, di jilid, di kasih sampul. Yang kayak gitu bisa dapet nilai A. Klo yang cuman foto copy item putih gitu aja paling nilai nya C. Bapak ngehargain orang yang bisa ngeluarin biaya lebih banyak buat tugas ini”

Apa coba maksud ini guru? najis banget ! Apa dia pikir semua muridnya punya duit hah?! Gue aja ngeprint item putih tugas singapur ampir 4 ribu lebih ! itu ada 12 lembar ! Dia kira murah apa? Berarti anak-anak yang gak mampu nilai IPS jelek dong? Berarti cuman anak-anak yang kaya yang bisa dapet nilai Bagus?! Ini udah keliatan banget, nilai murid bukan lagi di liat dari otaknya ! Tapi dari kantong nya? Guru macem apa si ini? Padahal ini sekolah negeri loh! Gak tau malu dan gak adil banget ! Asli gue kecewa banget ! Itu guru gak liat perjuangan gue ya ! Ke warnet emang gak pake duit? Ngeprint emang gak pake duit? Klo yang punya uang sih gampang? Tapi klo gak? Ribet ! Itu guru sok ngegampangin! Gak liat kondisi muridnya ! WTF banget !