Halo karena kemaren baru selesai UAS, dan mungkin saudara dan saudari masih ada yang UAS gue mau bagi-bagi cara nyontek ala gue, sebenernya gak baik gue posting gini, nambahin dosa tapi gimana gue gak punya ide buat posting apa, yowes tulis ini aja. Baca ya🙂
Ada beberapa cara buat nyontek, bagi kalian pemula untuk menyontek ini dia Tips nyontek ala Chybill
1. Lo nanya ke temen lo pake isyarat tangan. Pertama lo panggil temen lo, boleh bisik-bisik sebut namanya 3x, liatin temen lo sampe dia ngerasa ada yang mengeliatin dia, lo pura-pura batuk, atau lo panggil dia pake suara yang kenceng. Nanti pas dia nengok lo langsung kasih tau nomor yang tanya pake tangan lo, terus klo lo mau ngasih jawaban ke dia pake jari, ya berurut lah. Pasti pada ngarti, males jelasinnya gue haha😀 Tapi cara ini lo pake klo gurunya lagi killer aja.
2. Pake kertas, ini sih SNI banget, anak SD juga sering make, ya lo tinggal maen lempar-lemparan kertas aja sama kawan lo. Tapi jangan sampe perang timpuk-timpukan di kelas. Dan usahain di bawah meja lo banyak kertas yang di buntel buntel, biar nanti klo pengawas curiga terus ke meja lo, mau ngeliat kertas yang jatoh dia bakal ngambil kertas yang kosong, jadi lo selamat.
3. Pake sms, ini sih di pake buat yang punya hp sama klo pas lagi ulangan si pengawas gak minta hp, dan cara ini cuman bisa di pake sama orang yang punya pulsa. Lo tinggal sms kawan lo, tulis nomor yang lo tanya. Tapi nih catatan, klo lo nanya sama kawan lo jangan banyak-banyak, sedikit-sedikit aja. Soalnya klo langsung banyak temen lo jadi males dan anggep lo maruk, nanti sms lo malah di bales “maruk lo? mikir sendiri” nah mampus kan klo sampe begitu.
4. Pake ucapan mulut, jadi lo ngomong sama temen lo, mulut lo gerak tapi kagak ada suara. Dalam cara ini yang perlu di perhatikan adalah usahain tiap bentuk kata yang lo buat dari mulut lo harus jelas, dan lo juga harus paham gerak mulut temen lo. Klo perlu lo latian dulu dah sama temen lo.

5. Pake mbah Google, nah ini cara yang instan tapi bergantung sama beberapa objek. Pertama lo harus ada HP, ke dua HP lo harus ada pulsa, ketiga kartu hp lo internetnya gak lola. Udah deh klo tiga aspek itu tepenuhi, cara ini pasti sukses.
6. Pake BBM, ini lebih asik lagi, lo bisa nanya sama temen-temen lo yang beda sekolah, beda kelas ( sebenernya pake sms juga bisa sih ). Tapi klo di BBM lo bisa nulis panjang dan ngirim foto gambar kunci jawaban lo. Ini membantu banget loh😀
7. Pake gambar, nah ini caranya sehari sebelum UAS, lo moto-motoin materi-materi yang menurut lo susah, nah pas ulangan lo mau liat jawaban, lo liat deh itu foto-foto sambil ngebaca tulisannya. Mudah kan haha😀
8. Nanya ke anak-anak Twitter, ini cara yang baru gue coba, dan ampuh. Lo tinggal ngetweet gini pertama “ada yang bisa bantu gue?” klo ada yang jawab lo langsung nanya ke tu orang. Tapi klo gak ada, lo liatin aja siapa aja yang ada di TL, terus lo tanya deh ke dia. Gampang kan.

9. Lo buat catetan di rumah, ya hampir sama kayak yang foto, cuman ini llo di tulis kertas kecil kecil, terus lo selipin deh, terus pas gak tau lo baca. Gampang kan
10. Open book, wah ini lo perlu ati-ati banget, soalnya ini cara yang susah dan perlu keberanian yang tinggi. Ya caranya tinggal lo taro buku di kolong meja, pas pengawas meleng lo buka deh tu buku.
11. Tanya sama kawan-kawan di seluruh arah yang terdekat dengan kursi lo, klo nanya ke depan lo tusuk-tusuk aja punggung kawan lo pake pensil, klo gak nengok lo panggil, klo gak nengok juga lo tendang kursinya. Klo ke belakang enak, lo ambil aja kertas jawaban dia. Klo samping, lo minta kawan lo liatin kertas jawabanya ke ente. Klo nyerong ya sama.
12. Ini caranya sama kayak lempar kertas, cuman ini kertas lo selipin di alat-alat tulis, jadi klo yang nanya mau minta jawabannya tinggal pura-pura minjem pengapus atau rautan.
13. Ini sama kayak nomor 12, cuman dia di selipin di kertas yang bentuknya kerucut, klo kata temen gue biar pas di lempar tepat sasaran.
Sepertinya segitu aja, gue udah lupa cara apa lagi. Gue sih Ulangan kemaren cuman make yang google, twitter, open book, sama nanya sama seluruh penjuru kelas. Pas semester sebelumnya gue make via BBM sama foto hehe.