Hallo semua🙂 Gimana kabarnya? Gue abis UN nih, bener-bener baru kelar hari ini. Gue mau sharing tentang cerita gue selama 4 hari UN ini ( 23-26 April ).
Sebelum gue ceritain kronologi ujian gue, gue mau cerita gimana keadaan sekolah gue pas ujian. Gue itu ujian di ruang 25, nah yang bikin gue sedikit lebih beruntung dari peserta yang lain tu di meja tempat gue ujian ada catatan IPA gitu yang ditulis di meja, tapi bukan sama gue ditulisnya. Tapi pas gue tau, ternyata meja gue itu diganti sama meja yang lain. Sialnya gue. Dan yang bikin gue heran, perasaan gue pas gue UASBN dulu, ruang ujian kagak digembok plus di segel deh kayak sekarang. Lebay banget menurut gue. Dan setiap gue UN Alhamdulillah pengawas gue baik hati semua. Gak ada yang killer hehehe.
Hari pertama, yang pertama di ujiin itu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ya gue mikir, halah bahasa Indonesia, gampanglah. Bahasa gue sendiri ini, paling susahnya di puisi sama karya sastra yang emang gue gak ngerti. Dan emang sehari sebelum UN ini, gue malah kedatangan tamu ke rumah gue. Ya jadi gue gak bener-bener belajar. Dan ternyata pas gue liat soalnya. Sumpah sulit !

Banyak soal yang beda sama soal-soal Try Out yang biasa gue kerjain. Mana ada beberapa soal yang menurut gue ada banyak jawabannya, dan ada yang gak ada jawabannya. Gue mumet dan selama ujian gue gak bisa diem gara-gara gugup. Dan gue gak bisa prediksi dapet nilai berapa? Dapet nilai 9 pun kayaknya sulit.
Hari ke dua, bahasa Inggris. Ini gak sesulit bahasa Indonesia ( menurut gue ya ). Ya entahlah menurut gue lebih mudah aja atau karena pas hari itu gue puasa. Cuman kata temen-temen gue malah bahasa Inggris itu lebih susah. Biarlah, berbeda juga menyenangkan🙂
Hari ke tiga, ini hari yang sangat nakutin buat gue. Hari ini Ujian Matematika. Musuh besar gue hahaha. Malemnya gue belajar abis-abisan nih, sampe ganggu temen gue yang juga mau UN hehe. Paginya ada yang bikin gue kaget banget. Pas gue baru sampe, gue diledekin gara-gara salah pake baju. Nah pas gue duduk salah satu temen gue nanya gini ” Dapet kunci jawaban bill?”. Hah gue kaget banget. Gue jawab enggaklah. dapet darimana gue? Nah abis itu temen-temen gue yang lain ikut kumpul. Dan ternyata mereka punya kunci jawaban semua. Sampe temen-temen deket gue pada punya kunci jawaban.

Gue kaget banget, gak sangke temen-temen gue yang gue anggep kalem ternyata make kunci. Gue ditawarin awalnya kepengen, tapi gak lah. hampir semua temen sekelas make. Malah tu kunci jawaban udah ada dari hari pertama UN. Gue sampe dikatain terlalu bloon sama polos klo gak curang pas UN. Oke lupakan kunci jawaban, pas Udah face to face sama soalnya, gue serasa mati lemes liat soalnya. Kagak ngerti. Yang ngerti cuman dikit. Pas 5 menit sebelum waktu abis ada 5 soal yang belum gue isi. Gue keliatan banget paniknya, belakang bangku gue bilang gini “Udah nyerah belom?”. Waaaah gue galau parah. Akhirnya pendirian gue buat UN ngerjain secara jujur gugur juga. Gue nyontek 3 soal. Ya Allah maafin Chybill ya Allah, Chybill nyesel banget.
Hari terakhir, yaitu hari ini. Sumpah malem nya itu gue bener-bener serius belajar. Serius banget ! Tapi tetep pas ketemu soalnya, soal-soalnya itu jauh dari bayangan gue. Selalu begini. Gue bingung bisa dapet nilai berapa?

Dan yang bikin gue gondok pas UN yaitu pas ngebuletin jawabannya. Ya maksudnya gini loh, gue tuh sebelum megang soalnya udah pegel duluan gara-gara ngebuletin data-data diri. Pegel banget ! Belum lagi gue pas ngebuletinnya harus bener-bener perfect biar bisa kebaca pas di scaning. Padahal gue aja bingung apa buletan gue itu bener apa kagak? Belom lagi ada yang bilang ada pensil 2B palsu yang klo di scan kagak kebaca. Ya Allah makin uring-uringan gue. Jadi gue mikir sebener UN tuh buat nguji otak gue atau nguji kerapihan dan keterampilan gue buat ngebuletin jawaban sih? Coba klo misalnya gue gak bisa ngebuletinnya dengan bener? atau pensil yang gue pake palsu? Bisa gak lulus gue. Dan gue masih tetep gak percaya kata temen gue, yang bikin kunci jawaban tu guru sekolah. Itu biar anak-anak lulus dan nilainya gak kecil banget. Ya Allah, klo begitu mah ngapain ada UN klo bikin repot? Klo begini sama aja boong klo ada UN? Temen-temen sekolah gue aja pada terang-terangan fotocopy kunci jawaban tiap pagi. Kacau ya !