Argh ! Bahasa Arab ! Gue benci banget sama pelajaran itu. Gue selalu kayak orang bloon klo udah pelajaran itu. Temen-temen gue yang di pesantren ini masih pada mendingan, ada yang dari MTS sama IT, atau klo pun dari SMP mereka lancar baca tulis arabnya. Lah gue? gue selalu cengo sambil garuk garuk kepala tiap pelajaran ini. Gurunya juga walkes gue disini. Gue tiap ditanya sama ustadnya cuman bisa diem sambil mikir plus bolak balik buku. Klo gak ya tanya temen sebelah gue. Mana perminggunya ada 10 jam bahasa Arab, tapi pelajaran umum kayak Matematika, fisika, kimia, bio, eko, geo cuman satu atau maksimal 2 jam. Parah yah ! Makanya gue mau banget pindah dari sini, soalnya gue ngerasa pelajaran umum tuh disini di kesampingin banget. Mana hapalan bahasa arab banyak banget, itu baru bahasa arab yang di sekolah. Belom bahasa arab yg personal sama yang asrama. Ya Allah sumpah gue gak tahan disini !