Terkadang gue berfikir, gue nyesel udah minta keluar dari Pondok, ya karena gue nyianyiain kesempatan gue buat belajar agama yang gak bisa semua orang dapetin. Gue nyesel karena ilmu agama gue masih cetek banget, klo gue masih mau stay di pesantren ya andaikan sampe gue naik kelas dua, seenggaknya ilmunya lebih banyak dari sekarang, apalagi klo gue sampe lulus. Terus gue juga seakan-akan kayak orang munafik. Gue dari SD udah kepengen banget pesantren, tapi pas SMA pesantren gue malah minta keluar sampe kayak orang gila. Dan gue ngerasa coba klo gue masih di pesantren sekarang, pasti setiap harinya gue ngaji bisa lebih banyak dari sekarang, gak cuman sehari selembar aja, bisa berlembar-lembar klo gue masih di pesantren. Dan pasti ngaji gue bisa jadi lancar plus paham aturan bacaannya, sholat gue pasti bisa tepat waktu, abis adzan selalu sholat. Pasti selalu dzikir. Dan yang pasti hidup gue teratur. Tapi emang gak akan ada gunanya lagi nyesel. Toh mungkin klo sekarang gue maish di pesantren, gue sekarang pasti malah ngepost soal kejelekan pesantren sama keinginan gue buat keluar dari pesantren. Seenggaknya gue dapet pelajaran dari kejadian ini, gue gak boleh gegabah, gak boleh mikir pendek, gak boleh asal milih. Emang pas gue lulus SMP keinginan gue buat nyantren masih ada, tapi gue gak mikir, gue udah berubah. Gue udah biasa hidup sesuka gue, bangun tidur siang, sholat suka di entar-entarin sampe kadang pas waktunya udah mau abis gue baru sholat, gue udah biasa online, mainannya sama gadget gadget. Ya gue juga gak bisa jamin juga klo misalnya pas SMP gue pesantren bisa betah juga, gak minta pindah hehe. Kangen sama temen-temen gue yang di pesantren, adek kelas SMP yang ada di sana. Muka anak-anak SMP yang masih polos banget, rengekan mereka pas minta gue sholat di sebelah mereka, pas mereka minta di ajarin pas lagi mau ulangan, gue kangen sama anak-anak SMP di sana :’). Gue juga kangen sama muka ukhti-ukhti pas lagi tugas, mukanya pada judes, jutek, sama nyeremin. Suara mereka klo lagi teriak marah-marah. Muka ukhti-ukhti yang lagi senyum, cantik-cantik. Kangen sama sosok ketua kamar gue yang sabar, lembut, tapi omongannya ngejleb banget hehe. Kangen sama temen-temen sekamar gue yang gokil-gokil, yang mau sabar hidup bareng sama gue hehe, mau ngantri bareng buat mandi sama nyuci, bagi makanan bareng-bareng :’). Kangen sama temen-temen sekelas gue yang emang garingin tapi ngangenin, yang gak seru, yang kaku banget, yang anak-anaknya pada abstrak hahaha. Banyak orang aneh di kelas, gue kangen parah sama tiga orang di kelas gue, si Gaga, si SRM, sama si Hidayat hahaha. Gimana kabar si Gaga ya? dia duduk sama siapa sekarang? Pasti kesepian ditinggal gue :’) Si SRM juga gimana? Apakah dia masih suka nangis tiba-tiba di kelas? Apa Pacarnya udah sembuh dari kanker otak? Semoga udah🙂 Dan si imut hidayat, gue kangen curhat sama dia sampe tengah malem nangis-nangis hahaha, just she saw me crying like a child. Dan oya, gue kangen sama Walikelas gue yang suka gue cengin, gue pengen ngeledek dia lagi, bikin birthday party lagi buat ustadz gue itu. Hahaha gue juga kangen sama satpam yang mergokin gue pas lagi manjat pager buat kabur dari pondok hahaha. Kangen sama teteh judes yang ada di kantin. Ah kangen semuanya. Tapi emang udah begini takdir Allah, gue cuman bisa ngerasain pesantren 6 bulan kurang. Klo kapan-kapan gue bisa ngerasain pesantren lagi, mau deh gue hehehehe