Apa semua orang berfikir jika kita melakukan satu kesalahan kepada seseorang jika kita menjelaskan pelan-pelan dan berkata jujur tentang kesalahan kita, orang itu akan memaklumi dan memaafkan kita? Gue rasa hal itu gak ada di keluarga gue atau malah hidup gue. Temen gue pernah ngomong pas gue ngebuat aneh laptop bokap gue gue disuruh ngejelasin pelan-pelan dan pasti bokap gue bakal ngerti. Dan factnya, padahal gue gak ngomongin tentang masalah yang gue omongin sama temen gue, ini yang lebih simplenya, tapi apa bokap gue tetep nyalahin gue, bokap gue malah bilang gue gak jujur, gue suka ngerusak, dan dia bilang apa pun yang gue pake pasti hancur. Padahal gue udah ngejelasin dari awal, bokap tetep beranggapan semua salah gue. Oke entah kenapa rasanya sakit banget di dada gue, gue langsung mau nangis klo inget-inget itu. Bokap gue itu satu-satunya yang peduli sama gue di rumah, dia tetep mau ngurus gue pas nyokap gak mau ngurus gue. Gue ngerasa cuman bokap satu-satunya yang sayang, peduli, percaya, dan bisa gue andelin. Ngedenger ngomong gitu sakitnya beribu kali lipat sakitnya gue berantem sama nyokap gue, gue sampe nangis kejer. Kenapa gue begini banget?

Itu juga salah satu alesan kenapa gue tiap ada masalah apapun gak mau cerita sama orang tua gue, mereka lebih sering ngejudges duluan, mendingan gue diem, berusaha sendirian daripada cerita atau ngomong ke mereka, karena mau posisi gue gak salah atau salah gue tetep dimarahin. Gue iri sama kakak gue yang selalu bisa ngomong apa aja ke nyokap sama bokap gue, minta haknya di penuhin. Lah gue? mau minta ini itu aja rasanya udah takut duluan, mendingan gue usaha sendiri daripada minta, gue takut sama mereka berdua. Karena gue adalah bencana buat keluarga gue. Gue selalu berusaha buat ngebanggain mereka, berusaha mandiri, coba yang terbaik, tapi selalu salah. Ada aja masalah yang selalu ngebanting kerja keras gue. Gue pengen jadi kakak atau adek gue, kasih sayang mereka gak pernah ke bagi-bagi. Tentu kakak gue sempet ngerasain kasih sayang full dari orang tua gue pas gue belom ada, dan adek gue tentu karena dia anak bungsu dan anak laki-laki yang bener-bener diharepin sama orang tua tentu disayang dan dijaga banget. Cuman gue anak yang paling hancur, sampe bokap nyokap gue ngomong apapun yang gue sentuh, pakai, punya pasti hancur. Apa cuman gue yang begini?