sekolah negeri atau swasta

Banyak yang mikir sekolah swasta tu jelek, isinya orang-orang bego semua, orang-orang yang gak mampu masuk negeri *emang sih ada yang kayak gitu tapi ada juga yang bisa masuk negeri cuman emang dia gak bisa masuk negeri, kayak gue*. Coba aja deh pikir lagi, di sekolah negeri juga ada orang bego, idiotnya, nakalnya, cewek murahannya, anak begajulannya. Ada yang suka tawuran, banyak kasus jeleknya, banyak yang make juga anak-anaknya. Terus kenapa semua orang harus memuja muja sekolah negeri sih? Apa gara-gara masuknya jurnal atau yang pake test jadi ngerasa pinter? Hey, sekolah negeri tuh banyak yang masuk pake nyogok, atau pindah sekolah pas naik kelas. Pas test pun ada yang nyogok, pas jurnal juga kadang ada. Gak pure semua yang masuk negeri itu pinter ! Sama aja kayak di swasta, pasti ada kok orang pinternya, pasti ada. Gak jarang kan di olimpiade atau lomba-lomba yang menang itu murid dari sekolah swasta. Emang sekolah swasta itu ada yang bagus atau jelek, tapi klo gue perhatiin di sekolah swasta yang jelek pun ada kok anak pinternya, cuman dia kurang beruntung aja gara-gara gak punya biaya buat masuk sekolah negeri atau swasta yang bagus. Kadang pengen gue tinju orang-orang yang selalu bangga sama kenegerian mereka, seakan-akan semua boroknya sekolah itu cuman ada di sekolah swasta, sedangkan sekolah negeri itu selalu yang baik-baik? Pikir ulang bro, gak semuanya gitu ! Gue sekolah smp di smp negeri, tapi gue tetep liat anak-anak ancur macem yang selalu diomongin yang adanya cuman di sekolah swasta yang jelek. Gak jarang kan liat sekolah negeri anak-anaknya pada tawuran, anak-anak alay-alay, ada cewek murahannya, anak-anaknya macem-macem gak kaya semua, ada anak yang gak naik kelas. Pasti ada ! Toh salah satu temen gue yang sekarang sekolah di negeri aja pas ngeliat sekolah gue sekarang yang swasta juga kaget ngeliat gedung sekolah gue yang ternyata lebih bagus dan gak seburuk orang-orang bilang. Lagian orang-orang itu gak mikir ya, gue masih bisa kok masuk SMA negeri, cuman lo itu gak tau ceritanya kenapa gue bisa masuk swasta bukan negeri, emang malu pas ditanya orang gue sekolah dimana, yang ternyata gue gak sekolah negeri, but i don’t care what people talking, whatever deh ! Emang mereka pikir gue gak bisa sukses di sekolah swasta? apa klo pengen sukses cuman bisa dari sekolah negeri, enggak kan? So, EGP, toh entar gue yang wrong way !