image

Judulnya, desperate. Ya gue emang lagi bener-bener bingung, putus asa, depresi, stress. Gue merasa tertekan aja sama situasi kondisi gue sekarang. Gue sekarang 12 SMA, ujung dari sekolah formal gue, dan sekarang gue ngerasa tertekan sama keadaan gue sekarang ini😦 gue udah di wanti wanti sama nyokap gue kalo gue mesti masuk PTN, kalo ga di PTN gue ga kuliah. Gilaaa, kalo keadaan gue masih gue yang 3 atau 6 tahun yang lalu gue masih yakin bisa masuk PTN, kalo sekarang, asli gue pesimis. Gue cuman bisa pura-pura yakin sama sok pinter di depan temen-temen, orang tua gue. Aslinya gue takut setengah mati, denger UN aja gue udah takut, gimana sama sbmptn? Atau ujian mandiri? Belom lagi nyokap kasih tau lagi kalo gue harus masuk PTN yang di deket deket rumah aja. Lah berat amet mak, ini jabodetabek. Banyak orang juga yang pengen kuliah di central kota gini juga. Mereka ( orang tua gue ) selalu wanti wanti gue, gue jadi stress sendiri mau kuliah gimana? Mau kuliah apa juga belum tau gue. Gue ngerasa suka sama matapelajaran apa juga belum tau. Maki maki diri gue sendiri juga ga ada guna. Terus yang jadi dilema, gue kudu masuk PTN tapi gue ga bimbel atau les sama sekali. Keadaan gue yang sekarang udah beda sama pas gue UN 9 SMP sama 6 SD. Gue jadi males, super males. Gue cuman modal niat aja, tapi act nya kurang. Semangat belajar gue juga beda jauh, mindset gue sekarang udah kacau, di SMA gue itu tiap UAS selalu ada bocoran, jadi gue terlalu santai sampe ga belajar. Dulu pun gue bimbel, dan jujur bimbel itu ngebantu gue banget yang belajar itu ga bisa sendirian. Ya Allah ini dilema banget, gue butuh bimbel atau ya sekedar les di guru sekolah deh, tapi ekonomi keluarga gue belum mampu. Tiap inget itu rasanya nyesek banget. Gue mau minta atau ngomong ke orang tua rasanya pedih banget, ga tega bikin mereka pusing. Ngeliat ayah gue pulang kerja aja rasanya pengen nangis, ayah gue yang udah seumur segitu masih harus kerja jauh jauh, masih sering di sakitin hatinya sama anak-anaknya yang ga tau diri, ga akan tega gue. Gue sekarang bingung harus apa sekarang? Belajar sendiri, gue udah coba. Gue coba buka buku lks gue, coba buat ngerjain soal soalnya, dan hasilnya gue malah nangis pusing ga ada yang gue ngerti, gue ga bisa nemu rumus yang bisa buat jawab soal itu. Bener bener tolol banget gue. Gue butuh orang buat nerangin.
Masalah lain, tugas tugas sekolah gue. Kebanyakan tugas gue butuhin laptop, gue mana punya laptop. Dulu emang ada, tapi udah di gadaiin garagara rusak. Ga ada laptop lagi dirumah. Sekarang tugas gue kebanyakan presentasi atau tugas yang mesti diketik, gue mau ngerjain dimana? Emang gue bisa pinjem laptop di sepupu gue tapi malu juga sering pinjem lama pula, malah sekarang kayaknya sepupu gue pun ga suka kalo laptopnya gue pinjem. Kalo gue mau ngerjain tugas yang mesti pake laptop gue cuman ngerjain pas di kelas ada temen yang bawa laptop atau gue Ke rumah temen gue buat numpang ngerjain tugas. Malu asli, tapi mau gimana lagi. Ga mungkin gue minta laptop maksa ke orang tua gue, dulu juga pernah minta. Tapi gue bisa maklumin jawaban orang tua gue, keadaan keluarga gue emang udah beda. Kalo pun gue mesti milih laptop atau bimbel gue lebih milih bimbel tentunya. Gue bingung, cobaan banget buat gue. Gue pengen rajin tapi kenapa sulit banget, gue cuman bisa nangis doang. Rasanya gue tuh pengen nangis sambil meluk ayah gue, ceritain soal ini semua, tapi ga boleh. Itu cuman bakal bikin tambah beban orang tua gue.
Masalah lain, gue tau ekonomi keluarga. Kadang gue juga jadi segen buat minta uang buat fotocopy soal atau apapun di sekolah gue. Tapi uang gue juga bakal habis buat itu doang. Gue juga bingung ga berani minta apa apa. Kalo gini gue bisa bisa ga punya uang sama sekali.
Tapi emang mungkin ini pelajaran buat gue supaya bisa mandiri